Tanaman Pengusir Nyamuk, Mulai Bahan Dapur Hingga Tanaman Hias

Jakarta – Tanaman pengusir nyamuk selain lavender, apa lagi? Uniknya lagi, beberapa tanaman tersebut justru cocok dijadikan tanaman hias, khususnya pajangan di rumah.

Berikut beberapa tanaman yang bisa mengusir nyamuk:

1. Lavender, bunga ungu ini sangat terkenal khasiatnya bisa mengusir nyamuk. Pasalnya nyamuk tidak suka dengan bau bunga lavender. Meletakkan tanaman lavender di dekat pintu atau jendela, maka nyamuk langsung kabur.

2. Citronella, banyak digunakan sebagai bahan utama lotion atau pun obat anti-nyamuk. Dihimpun dari Yorkcountry, citronella memiliki aroma yang kuat dan khas sehingga membuat nyamuk dan serangga menghindarinya. Sebab, kandungan minyak dalam citronella memiliki konsentrasi tinggi antioksidan dan fitokimia. Khasiat kandungan minyak citronella juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi dan ruam.

3. Bunga cantik yang dibenci nyamuk selanjutnya adalah marigold. Masih terdengar kurang familiar. Siapa sangka, marigold mengandung pyrethrum, senyawa yang ampuh menjauhkan serangga. Selain itu,marigold bisa mengusir serangga yang memangsa tanaman tomat.

4. Selanjutnya ada tanaman bahan dapur, yakni serai atau sereh. Tanaman ini memiliki kandungan sitronela yang ternyata tidak disukai oleh nyamuk.

5. Bahan dapur lainnya yang tidak disukai nyamuk adalah bawang putih dan bawang bombay. Aromanya yang  kuat bisa mengusi rnyamuk. Begitupun bunga allium yang berbentuk bola tampaknya mengambang di atas batang yang panjang dan ramping. Tanaman hias ini pun ampuh mengusir nyamuk.

6. Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah catnip atau ‘ganja’- nya kucing. Namun, nepeta cataria  atau catnip adalah tanaman yang sangat disukai atau dapat mengundang daya tarik kucing dan kupu-kupu. Tanaman ini bisa dijadikan teh herbal atau digunakan sebagai kuliner herbal untuk banyak hidangan.

7. Geranium beraroma atau scented geranium juga termasuk  tanaman pengusir nyamuk. Geranium memiliki wewangian bervariasi dan eksotis. Bau inilah yang membuat nyamuk menghindar. Uniknya lagi, ketika daun geranium digosok di antara jari akan keluar aroma lemon, coklat, almon, apel atau pun mawar, berfungsi sebagai aromaterapi.

8. Terakhir ada selasih atau basil. Merupakan tanaman yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar. Aroma tanaman basil tanpa harus melumat daunnya bisa menjadi tanaman pengusir nyamuk. Sebab, minyak esensial dari basil memberikan tingkat perlindungan nyamuk yang sangat tinggi, hingga 100 persen.

 

sumber: https://gaya.tempo.co/read/1453281/8-tanaman-pengusir-nyamuk-mulai-bahan-dapur-hingga-tanaman-hias/full&view=ok